Setetes Darah Untuk Negeri, Donor Darah 700 Komunitas Di 74 Kota Di Indonesia Timur

Setetes Darah Untuk Negeri, Donor Darah 700 Komunitas Di 74 Kota Di Indonesia Timur

PMI JEMBER – Puluhan relawan pendonor darah berduyun-duyun ke Dira Balung Shopping Center Sabtu (23/10). Mereka ikut kegiatan donor darah sukarela sebagai rangkaian kegiatan donor darah 700 komunitas di 74 kota di Indonesia Timur. Mereka ingin membantu sesama yang membutuhkan darah. Bagi mereka, setetes darahnya untuk negeri. 

Kegiatan donor darah Dira Balung Shopping Center mendapatkan perhatian ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH. “Kami ucapkan terima kasih kepada para pahlawan kemanusiaan yang sesungguhnya, para relawan pendonor yang sukarela donor darah,” kata Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH. 


Dia juga mengucapkan banyak terima kasih kepada panitia yang menyelenggarakan kegiatan donor darah 700 Komunitas di 74 kota di Indonesia Timur mulai 11 sampai 28 Oktober 2021. “Kami ucapkan terima kasih juga kepada penyelenggara kegiatan donor darah di Indonesia  Timur, kegiatan donor darah ini juga ditempatkan di Kabupaten Jember,” terangnya. 


Menurut dia,  kesadaran untuk donor darah di Kabupaten Jember terus meningkat. Buktinya, kegiatan donor darah yang diadakan Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember banyak diikuti para relawan. “Kasadaran untuk donor darah terus meningkat dari tahun ketahun, terutama empat tahun terakhir,” imbuhnya. 

Hal itu tak lepas dari upaya elemen PMI dan masyarakat untuk menyosialisaikan pentingnya donor darah. “sampai saat ini darah belum ada gantinya, sehingga satu-satunya cara, kebutuhan darah diganti dengan darah orang lain sehingga kegiatan donor darah terus digencarkan,” imbuhnya. 


UDD PMI Kabupaten Jember sendiri,  kata Zaenal Marzuki, terus melakukan terobosan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Petugas UDD PMI terus melakukan sosialisasi pentingnya donor darah. Kini mulai banyak komunitas  yang membentuk kampung donor. Mereka aktif secara mandiri menyosialisasikan, menghimpun pendonor sampai kerjasama dengan UDD PMI menyelenggarakan donor darah secara rutin seidaknya 2 sampai 3 bulan sekali di wilayahnya,” terangnya. (*)