Mahasiswa UIN KHAS Jember Dibekali Pemetaan Resiko Bencana

Mahasiswa UIN KHAS Jember Dibekali Pemetaan Resiko Bencana

PMI JEMBER – Relawan kampus dibekali Peta & Pemetaan Resiko yang digelar KSR PMI Unit UIN KHAS Jember dalam rangka memgimplementasikan Hazard Vulnerability & Capacitynalysis (HVCA) sekaligus memahami ancaman bahaya, kerentanan dan kapasitas masyarakat.

 “Meteri HCVA  untuk memberikan pemahaman kepada anggota agar nantinya menjadi tongak terdepan dalam mensosialisasikan ancaman - ancaman resiko kebencanaan yang ada disekitar. “Ujar Laila Fauziah Rahmadani Amirul, Kamis (13/06/2024).

 

Laila Fauziah Rahmadani Amirul  Manager Crew kegiatan Sosialisasi Peta & Pemetaan Resiko menjelaskan tentang HVCA. "Tujuan kami menyelenggarakan kegiatan ini sebagai tindak lanjut implementasi Diklat Lanjut (Diktan) 9 dalam memberikan pemahaman kepada mahasiswa UIN KHAS Jember untuk mengetahui peta resiko bencana yang ada disekitarnya," kata Laila Fauziah Rahmadani Amirul. Para peserta tampak antusias mengikuti kegiatan ini.

Peserta merupakan mahasiswa aktif UIN KHAS Jember yang merupakan aktivis organisasi mahasiswa kampus. Harapan dengan menghadirkannya perwakilan mahasiswa dari para organisatoris, memberikan penyebarluasan informasi melalui organisasi - organisasi kemahasiswaan yang ada dikampus untuk penhembangan potensi mahasiswa dalam pengetahuan resiko bencana.

 

"Kegiatan ini juga diharapkan dapat memunculkan kegiatan tindak lanjut ormawa untuk sama - sama memberikan perhatian pada resiko kebencanaan yang ada di sekitar kampus,” ujarn Vika Maulida  Ketua KSR PMI Unit UIN KHAS Jember. Dengan mengimplementasikan hasil pemahaman tentang peta rawan bencana di kampus UIN KHAS Jember dan sekitarnya. (*)