70 Santri Ponpes Nuris Ubah Limbah Menjadi Eco Enzyme Ramah Lingkungan

70 Santri Ponpes Nuris Ubah Limbah Menjadi Eco Enzyme Ramah Lingkungan

PMI JEMBER - Memperingati Hari Ulang Tahun Ke - 73 Palang Merah Remaja, PMR Jember rayakan sepanjang Maret dengan gerakan membuat 1.000 liter Eco Enzyme. PMR Wira Ponpes Nurul Islam (Nuris)  Jember turut meriahkan dengan gelar pembuatan Eco Enzyme di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember dimulai Senin, 20 Maret 2023.


Kegiatan ini diikuti oleh 70 santri Ponpes Nuris Jember yang merupakan anggota PMR dan juga KIR. PMR dan KIR Ponpes Nuris Jember melakukan kolaborasi kegiatan membuat Eco Enzyme ini. Mereka menunjukkan sinergitas antar organisasi dalam satu lembaga Pondok Pesantren sebagai bentuk gotong royong para santri. 


Pembuatan Eco Enzyme ini didampingi serta diarahkan oleh Fasilitator PMR  Atika dan Kabid SDM dan Pelayanan PMI  Kabupaten Jember Elvana Kusdijanto yang juga merupakan aktivis Komunitas Eco Enzyme Nusantara. Mereka diberikan penyuluhan singkat terkait Eco Enzyme mulai dari manfaat dan cara pembuatannya. Mula - mula mereka menyiapkan  bahan dan alat, kemudian mencampur bahan - bahan sesuai dengan panduan teknis yang diberikan. 


“Para santri merasa senang dan antusias dalam kegiatan ini. Mereka terlibat aktif sejak awal hingga akhir rangkaian kegiatan,” ujar Kabid SDM dan Pelayanan PMI  Kabupaten Jember Elvana Kusdijanto. Total 30 liter dalam 3 galon Eco Enzyme berhasil dibuat oleh para santri anggota PMR Ponpes Nuris.


Melalui kegiatan ini, Atika selaku fasilitator PMR Nuris menyampaikan kegiatan ini bisa merangsang santri yang lain. "Para santri yang merupakan anggota PMR diharapkan dapat memulai serta memberi contoh santri lainnya untuk menjadi tonggak pergerakan dalam pengembangan & pemberdayaan pemuda sebagai bentuk upaya peduli pelestarian lingkungan disekitar."  Mengutip tema Hari Ulang Tahun Ke - 73 Palang Merah Remaja "Youth Empowerment  Through Participant atau Pemberdayaan Pemuda Melalui Anggota" (*)