Manfaat Donor Darah

Manfaat Donor Darah

Manfaat Donor Darah

  1. Menjaga kesehatan jantung
  2. Meningkatkan kwalitas sel darah merah
  3. Membantu penurunan berat tubuh. Karena dengan mengeluarkan darah 450 ml akan ada pembekaran kalori tubuh sebesar 650 kl kalori
  4. Menurunkan resiko terkena penyakit yang berbahaya. Setiap donor darah, darah yang diambil akan diperiksa dengan empat parameter penyakit yaitu Hepatitis A, Hepatitis B, Spilis, HIV. Dari hasil pemeriksaan tersebut apabila kita reaktif terhadap salah satu pemeriksaan akan dikonfirmasi sehingga akan dapat melakukan tindakan-tindakan pencegahan penyakit segera tertangani.
  5. Menurunkan resiko penyakit yang diakibatkan kekentalan darah seperti kolestrol, asam urat, dan diabet.
  6. Mendapatkan kesehatan psikologis karena dapat menolong orang lain.

 

Tips agar sehat dibulan puasa

  • Untuk menjaga asupan cairan saat puasa : konsumsi cairan kebutuhan darah 2 liter setiap hari diminum secara rata. Maksudnya jangan minum banyak saat buka dan saur karena akan memaksa tubuh untuk membuang cairan yang berlebihan. Apabila minum diratakan 8 gelas semalam maka tubuh dapat menyerap secara baik.
  • Pada saat makan sahur perbanyak makan makanan yang mengandung karbohidrat atau lemak karena pengosongan lambung lebih lama sehingga sensasi kenyang juga lebih lama.
  • Tetap beraktifitas seperti biasa karena tubuh akan membentuk glukosa berimbang dan memberikan asupan glukosa ke sel-sel secara berimbang sehingga rasa lapar menjadi lebih tidak terasa. Apabila bermalas-malasan asupan glukosa ke sel-sel menjadi tidak berimbang.